Sabtu, 03 Januari 2015

Potensi Sektor Pariwisata di Teluk Tomini

     Indonesia dengan sumber daya alamnya yang melimpah dan tersebar di sepanjang nusantara merupakan potensi terbesar khususnya bagi sektor Kepariwisataan dalam negeri dan salah satunya adalah daerah tujuan wisata Teluk Tomini di Sulawesi Tengah.
Bahkan, Bupati Parigi Samsurizal Tombolotutu mengatakan “Kawasan wisata Teluk Tomini ini akan menjadi kawasan wisata laut terbesar dunia yang dimiliki oleh Indonesia dengan didukung oleh kekayaan alam dan budayanya”. Teluk Tomini menjadi potensi yang saat ini wajib dipertimbangkan untuk pemanfaatan dan pembangunan sektor pariwisata kawasan tersebut, baik oleh para investor maupun pemerintah Indonesia sendiri. lalu lantas apa yang menyebabkan daerah Teluk Tomini ini menjadi kawasan yang berpotensi ? dilihat dari keunggulan yang ada, Teluk Tomini merupakan salah satu Teluk terbesar dan satu-satunya yang dimiliki Indonesia dengan keanekaragaman jenis biota laut dan luas terumbu karang terbesar di seluruh dunia. Bahkan, kawasan Teluk Tomini ini dikenal sebagai “Surganya Sulawesi Tengah” oleh para wisatawan yang sempat datang berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Selain itu, kawasan Teluk Tomini memiliki pengaruh penting bagi habitat terumbu karang bawah laut dunia karena letak geografis yang dihapit oleh Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Utara-Minahasa (dikenal sebagai heart of coral triangle), ditambah dengan posisinya yang strategis tepat berada di garis Khatulistiwa.
     Teluk Tomini juga memiliki barisan kepulauan yang berada di tengah-tengah kawasan tersebut, memiliki kesamaan dengan Kepulauan Seribu, yaitu Kepulauan Togean atau biasa dikenal dengan sebutan Togean Island oleh para wisatawan asing. Kurang lebih ada sekitar 56 Pulau dengan 1 buah gunung berapi yang masih aktif bernama gunung colo-colo.
Selain itu, Teluk Tomini masuk sebagai salah satu jajaran wisata bahari unggulan di Indonesia yang terkenal dengan habitat bawah air dan biota bawah lautnya yang indah sehingga sangat cocok untuk kegiatan menyelam bagi para pecinta selam baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan keunggulan menonjol yang dimiliki oleh Teluk Tomini ini tentunya menjadi peluang bagi sektor pariwisata Indonesia khususnya dalam meningkatkan citra kepariwisataan di mata dunia Internasional. Tinggal tergantung seberapa besar usaha yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak-pihak terkait di bidang pariwisata dalam membangunnya. Namun, dibalik keindahan alam Teluk Tomini yang luar biasa itu ada beberapa hal yang dirasa kurang saat ini yaitu dalam segi promosi, jauh berbeda jika dibandingkan dengan Bali, Raja Ampat, dan Kepulauan Seribu yang kita tahu lebih dulu eksis dan menjadi bagian terpenting dari kepariwisataan Indonesia dibandingkan dengan Teluk tomini.
     Hal itulah yang kemudian menjadi pertimbangan pemerintah akan pentinganya suatu media informasi yang baik dalam mempromosikan daerah tujuan wisata Teluk Tomini tersebut. Salah satu upaya yang kemudian dilakukan oleh pemerintah baru-baru ini adalah dengan diselenggarakannya Festival Teluk Tomini 2014. Tentunya hal tersebut merupakan upaya yang baik dari pemerintah dalam membenahi dan mengangkat citra pariwisata Teluk Tomini ke permukaan. Hal tersebut juga yang kemudian menimbulkan beberapa dampak, baik dari segi ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan sekitar Teluk Tomini khususnya bagi masyarakat setempat yang tinggal di kawasan tersebut.
     Dampak ekonomi terhadap kegiatan pariwisata di kawasan tersebut akan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat setempat yang tinggal, tentunya hal tersebut perlu upaya yang baik dan maksimal antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk berkontribusi bersama membangun citra pariwisata yang unggul bukan hanya dari segi alamnya, melainkan juga dari segi infrastruktur yang menunjang kegiatan pariwisata di kawasan tersebut. Selain itu, tingkat pengangguran akan semakin menurun apabila kegiatan pariwisata di Teluk Tomini tumbuh pesat, tingkat persaingan untuk berinovasi akan semakin tumbuh dan berkembang dan kemudian hal inilah yang menjadikan masyarakat sekitar Teluk Tomini mengalami peningkatan penghasilan dan pola pikir secara global akibat kegiatan pariwisata dan dampak ekonomi tersebut.
Tapi, bisa juga berdampak buruk ekonomi di daerah Teluk Tomini karena adanya inflasi dan tingkat komoditas harga barang yang meningkat. Selain itu, dampak dari sosial-budaya di daerah tersebut akan meningkat dalam segi pelestarian budayanya, tingkat kecintaan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budayanya akan tumbuh karena untuk menunjang kegiatan  pariwisata tersebut. Namun, ada juga sisi negatif yang ditimbulkan dari kegiatan pariwisata tersebut untuk faktor sosial-budaya, yaitu adanya pengaruh budaya asing yang masuk sehingga mengakibatkan budaya setempat kawasan tersebut terkikis. Dampak lain dari kegiatan pariwisata bagi lingkungan juga memiliki nilai positif dan negatifnya. Nilai positif dari adanya kegiatan pariwisata adalah semakin diperhatikan pembangunan infrastrukturnya untuk kegiatan wisata tersebut.
Namun, nilai negatifnya juga sangat besar ditimbulkan dari kegiatan pariwisata tersebut yaitu tercemarnya kondisi alam, rusaknya tatanan ekosistem yang ada di daerah tersebut karena kegiatan pariwisata dan lain sebagainya yang bisa mengurangi nilai dari objek daerah tujuan wisata Teluk Tomini.
     Intinya, potensi luar biasa yang Indonesia miliki, yaitu salah satunya Teluk Tomini bisa semakin menambah dan menunjang kagiatan pariwisata tanah air. Kemudian diharapkan nantinya dengan potensi yang dimiliki Indonesia ini, menjadikan negara Indonesia sebagai bagian terpenting bagi kegiatan industri rekreasi dunia dari segi wisata alamnya yang melimpah.


Referensi :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Somplaaak travelleR
Maira Gall